Tuesday, June 11, 2019

Perjalanan yang sangat mengesankan

Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh
Kali ini pengen cerita pengalaman pas lebaran kemarin. berhubung masih jelas diingatan jadi apa salahnya aku abadikan dalam bentuk tulisan. soalnya lebaran tahun ini rasanya mengesankan. dimulai dari hari pertama, yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun setiap habis shalat ied, pasti tempat kami berkumpul dirumah bibi saudara ayah. dirumah inilah kami semua berkumpul dan makan. maklumlah diparepare beliau keluarga yang paling tertua. dan moment ini yang paling aku tunggu bisa bertemu dengan sanak family yang tak pernah bertemu kecuali hari lebaran, maklum walaupun kami tinggal di kota yang sama tapi kaga pernah bertemu, gimana mau bertemu aku dipare pas hari minggu aja, terus itupum hanya tinggal didalam rumah kaga keluar-keluar.. ckckckck.. jadi pas lebaran pasti mereka pada bilang "dari mana aja kenapa baru nongol"???? terus pertanyaan yang paling aku hindari hanya satu "kapan nikah"???? mungkin itu salah satu alasan kenapa aku malas ketemu sama mereka, soalnya dikit2 nanya calonnya mana???? sebenarnya bukan cuma mereka si karena teman dan sahabat juga sering nanya pertanyaan yang sama. mungkin karena umur aku yang udah waktunya untuk maried. kadang aku berpikir gimana yach kalo teman cowok yg nanya gitu, trus aku jawab "emang kamu mau jadi imam aku"??? pasti mereka bakalan kaget..tapi syukurnya aku masih punya malu.. hahahaha entar jawabannya bisa diluar ekspetasiku.

Hari keduanya rencananya sich pengen ke pinrang ziarah dirumah teman kuliah dulu, tapi karena alasan tertentu,akhirnya rute di alihkan ke pare saja, sekalian ke pantai (paputo beach) maklum kami jarang kumpul dengan kehadiran salah satu sahabat aku "rohani arfah" habisnya dia kerja di makassar terus jarang pulang, saking jarangnya pulang mugkin bisa dihitung jari dalam setahun berapa kali kami ketemuan, tapi alhamdulillah kalo komunikasi hampir setiap hari. perjalanan dimulai di rumah ulfa, terus ke rumah accunk, dan sekalian ke rumah mila,liat debay,soalnya dia baru 2 pekan lahiran. oia terakhir kami kerumah mila pas attaya (anak 1) baru lahir dan sekarang kami ke rumahnya pas inayah (anak 2) lahir, ya ampun waktu emang kaga kerasa, perasaan baru aja kemarin attaya bayi eh sekarang udah bisa berbicara dan berlari terus mana anaknya aktif dan humble.. jadi pengen bawa pulang ***peach bu mila***dan pas disana eh ujung2 nya bahas jodoh lagi... nasib jadi jomblo dimanapun berada selalu jadi korban bully...setelah dari rumah  mila kami menuju ke paputo beach, awalnya kami mengira bakalan sepi, eh ternyata diluar ekspetasi kami, masyaallah rame banget, saking ramenya tempat perkir full bahkan ada yang sampe parkir dipinggir jalan. berhubung kami lagi disini maka kami gunakan moment ini untuk jepret-jepret. maklum wanita sudah nalurinya setiap moment pasti diabadiin. benar kata orang kalo lagi kumpul dengan orang yang disayangi pasti waktu terasa singkat, dan benar aja kaga kerasa sudah sore aja, rencana awalnya mereka pengen ke rumah, eh batal soalnya takut kaga ada mobil ke sidrap. jadi dech kaga kerumah.


Hari ketiga, setelah mengalami diskusi yang panjang, akhirnya tepat jam 3 sore kami ke pinrang, kenapa kesorean???soalnya jam segitu teman kami bisa antar, oia kami berhasil ke pinrang karena kebaikan salah satu teman terbaik kami asrul, maklumlah dia punya mobil pribadi, sebenarnya sedikit malu dan kaga enak juga ngerepotin orang ,tapi mau diapa lagi, demi bertemu sahabat, tak apalah sekali dalam setahun merepotkan dia, soalnya tahun depan mungkin udah kaga bisa, karena rencananya dia bakalan maried tahun ini,,,alhamdulillah akhirnya dia bakalan maried juga,. kan kaga enak tu kalo nyuruh dia pas udah punya istri, entar istrinya marah...apalagi kalo kami juga udah pada maried,, tambah susah lagi.. tepat pukul 03.30 kami sampe dipinrang rumah anti,karena asrul setelah magrib ada acara,maka kumpulnya dipusatkan di rumah anti, selain silahturahmi kami juga ingin liat anak anti,maklum sejak lahir 8 bulan yg lalu belum sempat jenguk. setiba dirumah anti kami langsung nelpon teman yang lain, dan setelah 20 menit akhirnya mereka pun tiba, mulai dari uni,mia,ramma dan terakhir susi, soalnya dia lagi hamil besar jadi harus dijemput, yang lucunya orang yg jempt susi itu uni yg punya body tidak langsing, heehehehe mana ada hamizan anak pertama susi yang berumur 2 tahun terus aktif, awalnya dia kaga mau datang tapi berkat bujukan uni, akhirnya diapun mau dibonceng,,,kalo dipikir2 lucu juga,,,,habisnya kami lupa kalo dia lagi hamil besar,,.dan setelah kumpul jadilah rumah anti berisik banget, mana si ramma dan asrul kalo ketemu pada bertengkar,,persi seperti kucing dan tikus. rasanya bahagia banget,setelah sekian lama akhirnya bisa kumpul bareng mereka lagi, walaupun personilnya kaga lengkap, maklumlah semua udah pada berkeluarga terus ada yang merantau ke luar kota. memang benar kata orang kita tidak mungkin bisa mengulang masa kuliah dulu, sudah tak bisa berkumpul dengan personil yang lengkap karena masing-masing sudah memiliki kehidupan yang berbeda, jadi selagi kalian masih kuliah maka manfaatkan lah kebersamaan itu dengan sebaik-baiknya.


Hari ke-empat perjalanan aku  belum usai, tepat pukul 9 pagi aku bersama keluarga dan seorang sahabatku ayun, berangkat ke polewali mandar, tempat kakek dan nenek ku besar dan dikmakamkan. maklum udah 2 tahun kami tidak kesana. dengan melewati gerimis dan angin yang sedikit kencang kamipun tiba tepat pukul 1 siang kamipun tiba, setelah itu kami langsung menuju makam nenek, soalnya untuk mencapai makamnya, kami harus menyebrangi sungai, soalnya jembatan lagi rusak,mana sunyai lagi meluap soalnya baru saja hujan deras, awalnya hanya ayah dan ibu yang akan menyebrang,tapi aku dan adik serta ayun bersihkeras untuk ngikut, dan jadilah kami semua menyebrangi sungai sambil saing pegangan, dan mau tidak mau pakaian kami harus basah soalnya air diatas paha,, tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami, bahkan karena hal tersebut ada rasa yang tak dapat digambarkan oleh kata-kata...selain itu ada rasa syukur, ternyata beginilah rasanya ketika harus melalui sungai untuk mencapai suatu tujuan, gimana dengan mereka para adik-adik kita yang harus melalui setiap hari sungai hanya untuk ke sekolah,, pasti berat banget,.

Setelah nyekar, kami menuju keluarga ibu untuk makan siang dan silahturahmi, setelah dari situ barulah kami ke bendungan plus sungai untuk refresing sekaligus foto-foto,kembali ke prinsip hidup aku setiap moment harus diabadikan,,hahahahha baru aja 30 menit berendam udah kedinginan, maklum airnya dari pegunungan terus mana gerimis ya wajar saja kalo dingin banget, .rasanya aku kembali mengulang masa kecil dulu, yang sering mandi di sungai...pokoknya hari ini aku bahagia bangeetttttt.

Tepat pukul 08.30 malam kamipun sampai dirumah dan ini merupakan pertanda jika perjalanan aku pada liburan kali ini telah usai, karena lusa aku harus masuk kantor lagi, kembali ke realita sesungguhnya, masa dimana semua orang tak pernah merasakan waktu yang berlalu dengan cepat, dimana pagi berlalu dengan cepat, dan masa dimana otak kalian dipenuhi dengan pekerjaan yang tak pernah kelar-kelar.semoga saja tahun depan idul fitriku lebih mengesankan lagi, dimana aku dan sahabat-sahabat sudah berkeluarga...aaminn ya rabb

No comments: