Wednesday, October 11, 2017

ketika jodoh tak kunjung datang

Jika saat ini jodohmu belum juga kunjung datang, itu artinya kau masih harus menunggu.
Ya mungkin itulah kalimat yang pas buat aku, diusiaku yang sudah beranjak 28 tahun, namun jodohku tak kunjung tiba, aku masih terus berada dalam penantian, aku ibarat sedang antri dibank namun aku tak tau berapa nomor antrianku, ato bahkan lebih mirisnya lagi aku ibarat menanti bus lewat distasiun kereta api. kadang aku merasa bosan mendengar pertanyaan yang sama, kapan nikah?? emangnya aku tua-tua amat yach sampe pertanyaan itu terus menodongku,selain itu memangnya mereka pikir aku engga mau nikah, sebagai wanita biasa aku juga pengen nikah, aku pengen layaknya teman-teman sekolah dan kuliah yang sebagian besar udah pada nikah bahkan ada yang udah punya anak, terkadang hati ku merasa sakit ketika mendapat undangan pernikahan,apalagi kalo udah liat foto2 temanku bersama suami dan anaknya.. Hiks hiks hiks

Wanita ibarat permata didasar lautan yang tak terjamah dan tidak akan berkurang nilainya,mungkin itulah salah satu pepatah yang membuat aku kuat menghadapi nasibku ini,disisi lain aku mulai tersadar ternyata begitu banyak karunia terindah dibalik penantian panjangku..

Waktu membahagiakan orang tua
Mungkin saat ini tuhan memberikan ku kesempatan emas untuk untuk memberikan kontribusi terbaik untuk keluargaku, untuk adik-adikku. Mungkin adik-adikku masih membutuhkan teladan terbaik dari kakaknya. dan mungkin juga kedua orang tua masih ingin memanjakan ku layaknya gadis kecilnya yang dulu.
Waktu berkumpul dengan sahabat-sahabatku
Ketika aku belum menikah,maka aku punya waktu yang banyak buat sahabatku,aku bisa berkumpul bahkan nginap dirumah mereka,aku bisa nonton drakor ato sekedar sharing,tanpa merasa ada orang yang tersisih.selain itu aku masih bebas traveling bareng sahabat-sahabat tercintaku.dan aku masih dibebaskan untuk memperluas pergaulan serta mengikuti kajian dan kegiatan yang  bermanfaat.
My Friends
Diberi Waktu untuk memantaskan diri
Sebagai wanita biasa,aku sama seperti wanita lainnya yang menginginkan lelaki sholeha,keinginanku tak muluk-muluk aku tak berharap lelaki yang setampan nabi yusuf as ,sekaya nabi sulaiman as,setegar nabi ayub as bahkan seberani Umar bin Khottob RA karena aku bukanlah wanita sesabar siti sarah,setegar aisyah,ato secantik siti hawa,aku hanyalah wanita akhir zaman yang mengingikan jodoh sederhana dan lelaki yang berakhlak baik,namun begitu mudahkah tuhan mengabulkan permintaanku??jawabnya tidak,karena hingga saat ini masih banyak perbuatanku yang menyimpang dari ajaran agama,namun apa hikmah dari penantian ini?? ya Allah mengizinkanku berbenah menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga jodoh yang akan datang juga sama nilainya dengan diriku.
Bisa saja Allah mendatangkan jodoh pada saat ini, namun nilai diriku masih tidak cukup untuk mendatangkan jodoh yang baik, sehingga jodoh yang datang adalah mereka dengan kualitas rendah.

Allah masih ingin menjagaku

Aku baru sadar ternyata ada hikmah mengapa hingga saat ini aku belum menemukan jodohku artinya allah masih terlalu sayang padaku dan ingin terus menjagaku.Rencana Allah itu lebih indah dari apa yang kita bayangkan dan inilah cara Allah melindungi diriku


Banyak waktu untuk mengenal siapa dan apa yang sebenarnya saya inginkan
Mungkin ini terdengar klise, tapi aku sudah merasakan dan membuktikannya. Menjadi single berarti makin banyak waktu untuk ‘me time’. Makin banyak waktu untuk merenungkan segala kesalahan di masa lalu dan mensyukuri segala kebaikan yang telah aku alami. Saat-saat sendiri mungkin memang menyesakkan, namun saat-saat itu juga menjadi momen yang baik untuk merefleksikan siapa diriku dan apa yang aku inginkan. Bisa jadi seandainya aku sudah berpasangan, waktu-waktu untuk diriku sendiri akan jauh berkurang. Kini aku bisa melihat, waktu yang dijalani dalam masa-masa single sama sekali bukanlah waktu yang terbuang, sebaliknya justru waktu yang amat berharga. Paling tidak untuk mengenal lebih dalam diri sendiri.


Mempunyai waktu yang banyak
Secara sengaja ato tidak sengaja ketika kita masih single maka waktu kita akan begitu banyak,bagaimana tidak waktu kita tidak terbuang untuk seorang pasangan,kita bisa melakukan ekpsrimen yang baru tanpa harus ada larangan dari seorang pasangan.


it’s okay being single. Jangan biarkan seorang pun membuat anda berpikir sebaliknya! Kata teman saya, ‘jomblo itu bukan takdir tapi pilihan"

 




6 comments:

Anggara Wikan Prasetya said...

Berarti emang Allah SWT masih menghendaki untuk fokus mengembangkan diri dan belajar tentang kehidupan terlebih dahulu..

Supaya saat bekerluarga nanti punya modal pengetahuan dan wawasan yang mumpuni..

Irmawati said...

aaminn ya rabb...semoga aja waktu yang diberikan allah tidak sia-sia

Samaratul Qalbi said...

Jadi kemana kita travelling nanti ini?
bemana crx mau travelling,, ketemuan saja sudah lebaran susahnya minta ampun

Irmawati said...

iya gangs susah, perlu qi kpang assisten kayak artis2 supaya teratur jadwalnya..

mas ofit said...

assalamualaikum.. maaf, saya mau curhat.. krna saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di majalaya bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah, uang sering dipinjam teman teman tp bnyk yg tdk mau bayar, shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja, nyari kerja lg sulit. di kampung saya di prwkerto buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung saya nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nurjanah (dkt bendungan andir ciparay) karyawati iwamatex, tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin.. dia memuja mantan cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat berisi kata kata kasar dan ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lewat surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. mungkin krna saya cucu paranormal sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah dll saya msh agak tegar tp saya kalau ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. saya skrng males nyari cewe dan nyari kerja krna trauma. selain itu hati saya dipenuhi kemarahan, kebencian dan dendam.. solusinya bgmana? wassalam..

Irmawati said...

waalaikumsalam,, mungkin aku tidak pantas untuk memberikan saran karena sejujurnya aku juga masih dalam tahap pemantasan diri, tapi anggap saja aku berbagi pengetahuan, menurut yang aku tau, ada baiknnya sekarang kamu taubat dan mencoba memperbaiki niat, sebenarnya apa tujuan anda untuk menikah??? terus kalo bisa ubah prinsip hidup anda, jangan semata2 hanya pengen cari jodoh, mulai dengan bismillah , terus cari kerja, pantaskan diri buat calon anda kelak, percaya aja semua ketika kau mengejar akhiratmu, maka dunia akan mengejarmu.. kalo memang nur jodoh kamu insyaallah kalian akan dipersatukan tuhan dengan cara yang indah dan ta pernah terduga.