Sunday, March 15, 2020

KECEWA

Assalamualaikum.,,,

Pernahkah Anda Kecewa atau dikecewakan? Atau, membuat kecewa orang lain? jika jawabannya pernah, Yang perlu anda lakukan memejamkan mata sejenak lalu tarik napas panjang-panjang dan ucapkan istigfar tiga kali.


Yang jadi pertanyaan Mengapa ada sebuah kekecewaan? Jawabnya karena adanya harapan yang terlalu besar kepada manusia dan ungkapan rasa akibat harapan dan hasilnya tidak sama,  Jadi kekecewaan itu ada karena salah kita sendiri. mengapa kita harus menaruh harapan yang begitu besar kepada manusia, sedangkan kita tau bahwa manusia itu makhluk lalai, itulah mengapa Ali bin abi thalib mengatakan "Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia".



Mungkin atas dasar itulah mengapa kita dilarang terlalu berharap kepada manusia, takutnya sakit. Apalagi  ketika hati kalian yang tak terbalas oleh seseorang yang kalian cintai, pasti sakit kan??Makanya jangan ngarep.

Apalagi kalo sampai kita yg menyecewakan orang lain, bahkan ada ungkapan "Memaafkan iya, tapi melupakan tidak", apalagi hal ini menyangkut keyakinan seseorang. Maka Nabi berpesan "Memaafkan itu jihad karena lebih berat dilakukan karena meminta maaf.'Karena hanya  orang-orang yang berjiwa besarlah yg memilikinya.

Anyway, setiap orang pasti punya pendapat sendiri tentang sebuah kekecewaan, seperti para sahabat-sahabat aku :

Ayun : kecewa adalah ketika org yg selama ini dia sebut namanya dalam doa ternyata menyebut nama org lain 

Hanye :  (1) Ketika suka sama seseorang, dan berharap si dia juga suka karna si dia super perhatian dan baik, namun realitanya si dia memang baik sama semua orang...hiks hiks
(2) Ketika berharap dapat skor 400 dalam ujian CPNS, dengan alibi sudah belajar dengan sangat keras tapi realitanya setelah ujian masih dibawah standar 
(3) Sudah dandan cantik-cantik ke kantor spya klo ketemu "dia" bisa lebih pede.. eh ternyata dia nya tidak masuk kantor buahahah..

Hamdana : Ketika telah janjian sama seseorang ingin berkunjung ke rumah, terus semua sudah dipersiapkan matang-matang, eh tiba-tiba batal dan Kecewa ketika chat tak dibalas, selalu disalahkan terus selalu dibanding-bandingkan.


Ulfa : Kecewa ketika, sudah janjian mau dijemput, eh tau-taunya tak kunjung datang.


Indra : Kecewa ketika wanita yang selama ini menemani hari-hariku, nyatanya menikah dengan orang lain (menjaga jodoh orang lain)..hiks hiks


Kalo aku sendiri terkadang kecewa karena awalnya kagum sama seseorang yang menurut ekspektasiku baik, tapi kenyataannya tak seperti yang aku bayangkan. Kecewa ketika udah janjian jauh-jauh hari sama teman,eh  tau-taunya pas hari H dibatalkan sepihak.


Selain itu, ada juga beberapa orang yang merasa kecewa karena merasa loyalitas dan kerja kerasnya selama ini tak dianggap.


Tapi yang perlu kamu ketahuin selalu ada hikma positif dibalik kekecewaanmu, Bisa jadi Tuhan memberikanmu sebuah kekecewaan agar kamu menjadi orang yang kuat.

2 comments:

samaratulqalbi said...

Diantara semua yang comment ada nama yang ganjil,, haha
Indra, nama lengkapnya indrayani ya?

Irmawati said...

hahahaha,,indra anugrah