Tuesday, January 9, 2018

Sepenggal kenangan dimasa kecil

"TERKADANG BUKAN KENANGAN PAHIT YANG MEMBUATMU BERSEDIH,TETAPI KENANGAN MANIS YANG TIDAK MUNGKIN TERULANG LAGI"

K  E N A N G A N.....satu kata yang terdiri dari 8 huruf,namun mampu memberikan efek yang dahsyat kepada semua  insan..sebenarnya kenangan hanya terdiri dari dua yaitu kenangan manis dan kenangan pahit.kenangan manis mampu membuat seseorang tersenyum ketika mengingat ato merefresh kembali kenangan indah masa lalu.namun bisa juga sebaliknya seseorang akan menjadi bersedih  bahkan terpukul ketika kenangan pahit kembali terungkit.bagaimana tidak betapa lama dan sulitnya seseorang berusaha melupakan kenangan pahitnya namun pada akhirnya kenangan itu kembali terungkit kembali...***nyesek...... 

Setiap manusia pasti memiliki kedua kenangan tersebut,dan salah satunya saya sendiri..jika ingin diingat-ingat lagi rasanya aku salah satu orang yang memiliki banyak kenangan,baik itu kenangan manis maupun pahit.apalagi kalo udah ngebahas kenangan masa kecil,rasanya panjang  banget.terkadang aku berpikir andai saja aku punya pintu kemana saja doraemon,pasti aku akan ke pintu masa lalu tepatnya 25 tahun yang lalu.andai zaman dulu udah ada yang namanya hp canggih,pasti setiap saat aku akan merekam dan memotret setiap moment dalam hidupku.tapi aku patut bersyukur karena allah memberikan kita sebuah otak yang berfungsi untuk merekam semua kejadian-kejadian dalam hidup seseorang.maka dari itu otak harus diback up setiap saat...hahahaha ***emangnya memori komputer****

Pada masa kecil dulu,banyak banget moment-moment indah baik itu  bersama teman maupun keluarga. jadi ingat sewaktu masih kecil aku sering banget di dibonceng naik sepeda sama ayah untuk ke sawah.maklum dulu aku tinggal disalah satu pedesaan di sulawesi tenggara,jadi sawah udah jadi pemandangan aku sehari-hari..kalo udah ke sawah jangan harap baju aku bersih,karena aku seneng banget turun ke sawah nyari-nyari keong,udah kebayang tuch gimana kotor dan joroknya kaki aku,selain turun ke sawah aku juga sering banget ke rawa-rawa menangkap ikan lele,gabus dan mujair,jadi ingat lagunya si ayu ting ting *digeboy-geboy mujair****kalo kaga salah umur aku sekitar 7 tahunan.setelah badan pada kotor dan berbau amis baru tuch aku,kakak dan teman mandi,tapi jangan pikir kami mandi di sumur yang dilengkapi toilet.... tempat mandi kami besar dan airnya mengalir deras,itu tuch yang ada disetiap sawah-sawah ato bahaya kerennya bendungan...hiks hiks hiks...kami langsung aja terjun ke bendungan itu,dengan pakaian yang lengkap..air dibendungan sebenarnya kaga bisa dijamin kebersihannya,karena terkadang saat kami sedang asyik mandi ,tiba-tiba ada sebuah kue kuning yang kenyal-kenyal gitu,,alias kotoran manusia..maklum saja ditempat itu para petani sering buang hajat....hahahaha...

Selain itu,aku juga masih ingat banget masa sekolah dulu,tepatnya ketika aku dibangku sekolah dasar.banyak sekali moment-moment lucu ketika bersama sahabat kecilku.oia waktu kecil dulu aku memiliki 2 sahabat karib namanya nurbhalika,dan tri endah puji lestari.kami menamai grup kami "ELI" yang tak lain singkatan dari nama kami bertiga.kami sering banget bermain bersama bahkan belajar bersama,selain bersahabat endah juga merupakan salah satu saingan aku dikelas,jika bukan dia yang jadi juara kelas maka aku...tapi kami sich bersaing secara sehat...hikss hikss...siapa pun yang jadi juara kelas kami tak pernah marahan ato cemburu.kami tetap jadi sahabat baik..waktu SD dulu aku sempet suka dan kagum sama cowok,seperti cinta monyet gitu...aku suka sama tetangga rumahku ,waktu itu dia udah SMA,tau kaga kenapa kau suka sama dia???soalnya anaknya baik banget,pendiam,berbakti sama orang tua terus alim lagi..mungkin karena dia hingga aku nge-fans sama dude harlino...rumahnya pas depan rumah aku..kalo kaga salah namanya kak ronjim..selain itu setiap pulang sekolah aku pasti main ke rumah salah sau tetangga aku,yang penjual bakso,tau kaga kenapa aku seneng main disitu,soalnya dirumahnya banyak makanan,selain karena banyak makanan,tepat dibelakang rumahnya ada sebuah empang yang besar terus banyak ikan dan bunga teratai.mungkin saat kecil dulu hobby aku  mancing..soalnya kalo udah liat empang pasti aku mancing bareng kakak maklumlah kakak aku cowok,jadi aku doyan permainan cowok.

Jika aku sudah bosan mancing terus tidak ada ikan yang memakan umpanku,langsung saja tuch aku tinggalkan terus lanjut nyari-nyari jambu batu,jambu menteh dan buah coppeng..**maaf bahasa bugis,soalnya aku kaga tau apa bahasa indonesianya coppeng**..coppeng itu salah buah yang berwarna kemerahan terus kecil persis seperti anggur,tapi bedanya kalo coppeng sedikit lonjong kaga bulat.
"BUAH COPPENG"
Selain kenangan manis,pada masa kecil dulu aku juga memiliki kenangan pahit,namun tak sebanyak kenangan manis, yang sangat aku ingat,ketika aku berumur 10 tahun nenek aku menghembuskan nafas terakhir dan meninggalkan kami untuk selama-lamanya.pada saat itu aku mungkin aku sudah mampu merasakan yang namanya kehilangan.bagaimana tidak nenek aku menderita sakit lebih dari 2 tahun,beliau tidak bisa berdiri,bahkan buang airpun harus ditempat tidur,untungnya kakek dan anak-anaknya terus setia merawatnya. saat nenek aku meninggal aku merasa kehilangan banget,sewaktu beliau masih sehat,aku sering banget ikut nenek ke acara pengantin.dulu aku sempat berpikir mengapa tuhan memberikan penderitaan yang begitu lama kepada beliau,padahal beliau adalah orang yang sangat baik,aku hampir tidak pernah melihat beliau marah.tetapi yang membuat aku kagum nenek kau meninggal setelah shalat dan meninggal dengan wajah yang tersenyum.sekarang aku sadar mengapa tuhan memberikan penderitaan yang begitu lama kepada beliau,ternyata tuhan ingin menghapus semua dosa beliau sebelum menghadap sang illahi...


2 comments:

Samaratul Qalbi said...

Wkwkwk jadi bemana mi skrg kabarnya Kak Ronjim???hahaha anak SD suka sama anak SMA.. biasax itu anak SD suka sama teman kelasnya ji..hahaha tapi seru masa kecilmu da'

Irmawati said...

tidak ku tau bagaimana mi kabarnya..tapi terakhir saya dengar belum pi menikah..ehmm kira-kira umurnya sudah berapa???