Wednesday, September 27, 2017

APEL PAGI YANG KREATIF

Kalee ini aku akan berbagi tentang rutinitas kantor yang wajib kami lakukan setiap hari, sebagai seorang karyawan swasta disebuah perusahaan maka kami wajib mengikuti semua peraturan ato SOP perusahaan, salah satunya yaitu apel pagi, ehm berbicara mengenai apel pagi pasti teman-teman semua udah pada tau kan apa yang dilakukan pada saat apel pagi,,dipikiran kita apel pagi itu  berdiri terus mendengarkan penyampaian dari pimpinan tentang kinerja kita ..ehm pasti membosankan dimata kalian karena bersifat monoton ,kalo ibarat hidup, rasanya hidup ini berlalu tanpa adanya warna-warni kehidupan alias flat...HA HA HA...
tapi hal itu tak berlaku dikantor kami, itulah alasan aku mengapa tertarik menulisnya..kepala cabang kami mungkin udah  berpengalaman, dan tau cara menghadapi karyawan yang merasa bosan suasana apel pagi yang monoton.pertama kalinya aku mengikuti apel pagi dikantor ini,aku merasa sedikit heran mengapa ada karyawan yang berbicara ?terus yang lebih herannya lagi yang disampaikan oleh karyawan cerita yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan yang bersangkutan..ehm karena merasa ada yang ganjil dan penasaran maka aku bertanya dengan salah satu karyawan, ternyata begitulah yang dilakukan setiap apel.setiap harinya ad 2 orang yang bertugas untuk menyampaikan motivasi kepada seluruh karyawan sekilas aku berpikir seru juga dan disisi lain ada ketakutan yang berkecamuk didalam hatiku,, dalam hati aku bergumam "alamak mati dech gue, aku kan udah lama tidak berbicara didepan umum terakhir 6 tahun yang lalu itupun presentase makalah didepan kelas ..HA HA HA.

Akhirnya waktu yang aku takutkan pun tiba,tepat hari itu aku yang bertugas untuk menyampaikan motivasi, 2 hari sebelumnya aku udah browsing tuch digoogle,akhirnya akupun tertarik pada salah satu cerita motivasi, tepat pada pukul 8 pagi apel pagi dimulai dan saya harus berbicara,seperti biasa aku mengucapkan salam,baru aja mengucapkan salam aku terpata2 terus ditambah lagi keringat dingin,engga tau kenapa hari itu cuacanya panas sekali, sehingga keringatku rasanya bercucuran, 3 menit pertama alhamdulillah lancar,dan tiba2 ketika pada inti dari cerita itu otak ku bleng,rasanya semua yang ada dikepalaku hilang begitu saja,mungkin ini efek dari demam panggung. hari itu aku malu banget soalnya ceritaku rasanya tergantung alias kaga kelar,,tapi mau diapa lagi dari pada aku pingsan ..HA HA HA..namun disaat aku telah melewati hari itu,perasaan ada yang beda,jika kemarin aku merasa seperti ada batu besar yang nyakut ditenggorokanku sehingga menyebabkan aku kaga bisa bernafas sekarang alhamdulillah rasanya batu itu udah hilang begitu aja,dan akupun bisa bernafas dengan lega...***jlebbbb****

2 Bulan alhamdulillah berjalan dengan lancar, rasanya aku udah kaga deg-degan lagi. ketika tiba giliranku, terkadang kalo aku udah kaga punya bahan cerita, aku ceritain aja drama korea yang udah aku nonton salah satu drama yang pernah aku ceritain yaitu RADIANT OFFICE, menurut aku drama itu pas aja diceritain soalnya banyak hikmah yang bisa dipetik,khususnya kita sebagai seorang karyawan,selain itu drama itu mengajarkan kita betapa gigihnya perjuangan eun ho won untuk mendapatkan pekerjaan. oh iya sistem piketnya sekarang udah diubah ,sekarang kami dibagi menjadi 5 kelompok,dan masing2 kelompok terdiri dari 7 sampe 8 orang, jadi kelompok kamI berdasarkan nama hari,kami memiliki ketua yang bertugas untuk menunjuk anggota yang akan membawakan cerita pada setiap hari nya, kebetulan aku hari senin, ada baikknya juga sich karena aku ada waktu untuk mencari dan menghafal bahanku sekitar 2 hari..HE HE HE, selain itu jumlah peserta yang apel pagi kalo senin kaga full soalnya masih pada otw dari kampung..HE HE HE

Oia ternyata berbicara disetiap apel pagi itu sangat menyenangkan , ada kebahagiaan tersendiri ketika kita telah menyampaikan motivasi kepada seseorang yach walopun rasanya kadang aku merasa tidak pantas untuk menasehati orang, karena aku sendiri masih butuh bimbingan, maka dari itu aku selalu berusaha agar apa yang aku sampekan bisa aku kerjakan, aku tidak mau jika kelak ucapan ku sendiri menjadi boomerang untukku alias senjata makan tuan..Tapi mau dibilang apa lagi bukankah kata AA GYM "Sampekanlah walau 1 ayat"..kita kan tidak pernah tau nasehat kita yang mana akan menggugah hati seseorang.....






3 comments:

Samaratul Qalbi said...

Uwah,,keren euy kantornya
krna semua punya kesempatan yg sama untuk saling memberi motivasi.. Hum, psti bs ji kamu lewati toh, kah jago ki ji dlu presentasi waktu jaman kuliah ^_^

Irmawati said...

Edd.. jago apanya,,kalo bilang ki jago mengarang kalo kasih jawaban,,itu baru benar,

Anonymous said...

Unik juga sih yaaa...
Mungkin sesekali harus dicoba untuk penyegaran di tempat aku kerja