Sunday, September 17, 2017

BELAJAR KEHIDUPAN DARI KAUM TIONGHOA

Assalamualaikum ^-^....Untuk belajar mengenai kehidupan ,kita tak harus belajar dengan sesama suku, ras ato agama kita, adakalahnya kita juga harus belajar dengan suku ato agama lain sebagai contoh kaum tionghoa.berbicara tentang mereka, tentunya kita semua udah pada tau gimana kehidupan mereka, kaum tionghoa  90% adalah seorang pengusaha, kenapa demikian?? karena dari kecil orang tua mereka sudah menanamkan diotak anaknya bahwa kelak kau harus menjadi seorang pengusaha yang jauh lebih sukses dari kami. orang tionghoa selalu beranggapan "wahai anakku janganlah kalian berada dibawah telunjuk seseorang"..prok prok prok (salut ma prinsip mereka).

Terus sekarang yang jadi pertanyaan, apa sich hebatnya orang tionghoa?? sehingga kita harus belajar dari mereka?? jika ingin dipikir orang tionghoa dan kita tak ada bedanya ,mereka juga makan nasi ,sama seperti kita namun yang membedakan kita dengan mereka hanya pola pikir kita. oke....jika kalian ingin mengetahui lebih jauh tentang mereka, maka kenali lah mereka lebih dalam, karena dengan demikian, maka kaupun akan merasakan betapa hebatnya kaum tionghoa.

  1. Pola pikir kaum tionghoa tak usah diragukan lagi, mereka sselalu berpikir maju, tidak seperti  kebanyakan dari kita (utamanya saya) yang selalu berpikir mundur (selalu memikirkan apa akibat dari pikiran kita) beda halnya orang tionghoa mereka berpikir untuk maju padahal KESUKSESAN ITU BISA DIWUJUDKAN JIKA ANDA BERPIKIR MAJU & MAU BELAJAR DARI KEGAGALAN ANDA".
  2. Kaum tionghoa sangat menjujung tinggi yang namanya kejujuran, mereka sangat benci kepada seseorang yang berkata bohong, sebesar apapun kebaikan seseorang terhadap mereka, namun jika orang itu telah berbohong maka sekejap saja kebaikan seakan tak ada artinya lagi.
  3. Jika ingin melakukan suatu bisnis maka orang tionghoa harus mempertimbangkan berapa keuntungan dan persentase kerugian yang tak terduga."(Modal + Persentase kerugian = harga jual).
  4. Orang tionghoa selalu beranggapan "bisnis ya bisnis tak boleh disangkut pautkan dengan hubungan pribadi"..paling ingat kata my big boss kalo engga salah kata beliau gini "kita mungkin bersaudara tapi tidak halnya dengan uang" HA HA HA *mantap* 
  5. Orang tionghoa tak pernah ragu berbagi ilmu & pengalaman kepada semua orang baik itu ilmu maupun kehidupan karena menurut mereka orang yang sukses adalah orang yang selalu menginspirasi orang lain.
  6. Kaumtionghoa tak pernah memandang rendah seseorang, mereka memperlakukan semua orang dengan adil.
  7. Sukses berawal dari kerja keras,hemat & pandai mengatur keuangan, Tak bisa dipungkiri kalau usaha keras kita akan membuahkan hasil yang baik untuk kita pula. Namun, semua itu harus kita barengi dengan hidup yang sederhana. Jangan berfoya-foya, terlebih jika kita belum berkecukupan. Hiduplah dengan hemat dan cerdas mengatur keuangan. Kamu yang ingin memulai wirausaha pun pandai mengatur perputaran uang, seperti keseimbangan pemasukan dan pengeluaran.
  8. Kesempatan dan waktu tidak akan terulagn dua kali.

No comments: